Percobaan 1 - Menampilkan karakter pada LCD dengan Inputan Berasal dari Sensor Ultrasonik





1. Hardwar [Kembali]



Sensor Ultrasonic


2. Gambar Rangkaian Simulasi [kembali]


3. Prinsip Kerja [kembali] 
Sensor ini dimulai dari gelombang ultrasonik dengan frekuensi tertentu yang dibangkitkan melewati alat yang disebut juga dengan nama piezoelektrik sebagai transmitter. Alat ini akan menghasilkan gelombang ultrasonik yang berfrekuensi 40kHz (sesuai dengan osilator yang terpasang pada sensor).

Biasanya alat ini akan memancarkan gelombang pada suatu target dan jika sudah mengenai permukaan target, maka gelombang tersebut akan terpantulkan kembali. Pantulan gelombang tersebut akan diterima oleh piezoelektrik (receiver) dan kemudian sensor akan mengkalkulasi perbedaan antara waktu pengiriman dan waktu gelombang pantul yang diterima.

4. Flowchart  [kembali]


5. Listing Program  [kembali]
#include <LiquidCrystal.h>

#include <LiquidCrystal.h> 
#define echoPin 21
#define trigPin 20 
long ping;

LiquidCrystal lcd(12, 11, 7, 6, 5, 4);

void setup() {
  pinMode(trigPin, OUTPUT); 
  pinMode(echoPin, INPUT);
  lcd.begin(16,2);
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("PRAKTIKUM");
  delay(50);
  lcd.clear();
  lcd.print("MIKROPROSESSOR");
  delay(50);
  lcd.clear();

}
void loop() {
  digitalWrite(trigPin, LOW);
  delayMicroseconds(2);
  digitalWrite(trigPin, HIGH);
  delayMicroseconds(10);
  digitalWrite(trigPin, LOW); 
  ping = pulseIn(echoPin, HIGH);

  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("Ping = ");
  lcd.setCursor(7,0);
  lcd.print(ping);
  delay(100);
  lcd.clear();

}


6. Video Pratikum  [kembali]



7. Link Download  [kembali]
- Video Pratikum (download)
- Rangkaian Simulasi (download)

Komentar

Postingan populer dari blog ini